Simak 7 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Stres Menghadapi Ujian - Ruangan Guru

Recent Posts

    Simak 7 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Stres Menghadapi Ujian

    Simak 7 Tips Sederhana Untuk Membantu Anda Mengatasi Stres Menghadapi Ujian
    Mengatasi Stress Karena Ujian

    Bagaimana Cara Mengatasi Stress Karena Ujian? 

    Sebenarnya, sedikit rasa stres bisa menjadi hal yang baik buat kita: itu bisa menjadi faktor pendorong untuk bekerja atau belajar lebih gat lagi.
    Akan tetapi, ujian yang dapat menyebabkan tingkat stres dan kelelahan berlebihan dapat menghambat studi kamu lho. Berikut ini beberapa kiat bermanfaat tentang cara mengelola kecemasan atau stress. Dan jika kamu tahu, kalo stress itu dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita lho!

    Tekanan ujian mempengaruhi sebagian besar siswa dalam berbagai cara. Penting untuk mengelola stres ini dan menemukan sedikit cara untuk membantu mengurangi risiko kelelahan.

    Bagi beberapa siswa, ujian dapat dilakukan dengan santai dan tenang; revisi adalah sifat kedua baginya dan dia bisa mengikuti tes dengan mata tertutup. Tapi bagi orang lain, keringat dingin dan jantung berdebar-debar hanya bagian merupakan salah satu atau dua akibat hal terssebut, dan tampaknya tidak ada lagi masuk akal daripada duduk kembali dan memperbaikinya.

    Namun, kadang-kadang, mengelola stres (terutama selama musim ujian) bisa menjadi hal yang sulit dilakukan. Dan, dengan anggaran 20-50% peningkatan siswa di Universitas yang meminta bantuan dengan masalah kesehatan mental yang berhubungan dengan studi, jelas bahwa kita menghadapi lebih banyak tekanan. Jadi, untuk menyelamatkan Anda ada tujuh tips untuk membantu Anda melewati masa ujian bagi siswa sekolah ataupun mahasiswa, ujian yang menegangkan semoga jadi menyenangkan ^^ hehe.

    1. Tarik Napas Dalam-Dalam (Coba Istirahat Rutin Dan Jadwalkan Hal-Hal Yang Menyenangkan Untuk Dipikirkan)

    Tips pertama cara mengatasi rasa stress saat menghadapi ujian adalah dengan cara menyisihkan beberapa menit setiap hari untuk latihan teknik sadar, seperti latihan pernapasan atau 10 menit UCL Mind, membantu Anda tenang untuk mengatasi stres dan menghilangkan stres Anda saat ini. Jadi, Anda memberi diri Anda waktu untuk berpikir rasional melalui kecemasan Anda, menyingkirkan pola pikir yang tidak diketahui dan memungkinkan Anda untuk mengatasi beberapa tes dan memulai revisi yang lebih efektif.

    Bahkan jadwal ujian yang padatt akan memakan waktu lebih sedikit untuk istirahat belajar. Ini bisa termasuk istirahat 20 menit selama hari revisi, dan kegiatan yang bisa ditonton lebih lama. Pergilah makan bersama teman-teman Anda, atau pergi ke bioskop, menghadiri pertunjukan, melakukan apa pun yang Anda inginkan untuk mencari waktu istirahat dari memikirkan ujian. Menghabiskan sedikit waktu membaca buku akan membuat Anda merasa lebih rileks dan rileks jika Anda akan merevisinya.

    2. Makan, Tidur, Dan Berolahraga Dengan Baik
    Lanjut ke tips cara mengatasi stress saaat ujian sekolah atau ujian kuliah adalah dengan cara makan, tidur, dan berolahraga dengan baik
    Menghabiskan waktu bergadang sepanjang malam, menjalani diet yang buruk, dan memiliki gerakan minimal di siang hari dapat meningkatkan gejala kecemasan. Untuk kinerja terbaik, pastikan Anda tidur 8/9 jam, cukup karbohidrat, kurangi kafein dan air soda, dan setidaknya setengah jam olahraga per hari.

    Salah satu hal yang paling membuat frustrasi selama musim ujian adalah cuaca sepertinya semakin cerah. Gunakan ini untuk keuntungan Anda dan pergi berjalan-jalan, atau berlari, atau ke gym atau kolam renang. Kecuali jika Anda menjaga kesehatan, olahraga diketahui dapat meningkatkan mood Anda dan dapat membantu Anda menjadi lebih produktif ketika Anda melakukan revitalisasi. Ini benar-benar ampuh lho guys! Hehe

    3. Tetapkan tujuan yang realistis
    Tips yang ketiga adalah menetapkan tujuan yang realistis, apakah Anda memiliki beberapa minggu, hari atau jam sebelum ujian, membantu Anda memahami segalanya. Terima situasi Anda dan kerjakan kenyataan bahwa Anda memaksimalkan produktivitas tanpa risiko kebakaran.

    4. Jangan pergi ke mana pun
    Nah, tips yang ke 4 ini berhubungan dengan pertemanan kalian nih. Kok bisa? Maksudnya gimana? Jadi, pada tahun 2004, sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Linguistics and Education menemukan bahwa memperbaiki dengan teman adalah teknik pembelajaran yang efektif karena memungkinkan individu untuk lebih baik menyerap catatan mereka sendiri. Selain itu, manfaat emosional dari dukungan sosial cenderung mencakup kepercayaan diri dan otonomi yang lebih besar.

    5. Hindari panik
    Ok, sekarang kita lanjut ke poin yang ke lima yaa, yaitu bagaimana kita mengatasi panik  atau stres saat Ujain. sebelum, selama atau bahkan setelah ujian adalah umum di kalangan mahasiswa. Jika Anda mengalami, kadang-kadang, bernafas enam, berbicara untuk diri sendiri, kemudian ulangi masalah yang ada, pastikan itu pecah menjadi beberapa bagian. Ingat, biasanya ada solusi rasional untuk setiap masalah, bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya untuk pertama kali.

    6. Jangan (selalu) mendengarkan orang lain - percaya pada diri sendiri
    Ketika kita terus menghadapi tantangan baru, kita sering melupakan kenyataan tentang apa yang telah datang dan bagaimana kita telah mencapainya. Jika Anda sudah siap, maka tidak ada alasan untuk khawatir. Jadi, ketika Anda memiliki pikiran negatif, cobalah mengubahnya secara positif. Sebagai contoh, alih-alih berpikir ‘Jika saya tidak mendapatkan setidaknya 2: 1, saya benar-benar gagal, berpikir’ Apa pun yang saya lakukan, saya akan bangga pada diri saya sendiri dan menghargai betapa banyak yang saya dapatkan ‘. Kamu bisa melakukan ini!

    Seperti pepatah lama: “perbandingan adalah pencuri sukacita”. Meskipun bermanfaat dalam mendiskusikan topik dengan siswa lain dan sering mengulanginya, cobalah untuk tidak membandingkan revisi orang lain. Kemungkinan Anda melakukan apa-apa, dan mendengarkan orang lain berbicara tentang apa yang berlaku hanya akan Anda stres dan mungkin merasa Anda tidak berkembang dengan baik. Selain itu, ia menekankan, Anda dapat mengingatkan Anda stres dan orang lain tidak yang Anda inginkan.

    7. Jika Anda merasa Anda harus berjuang, berbicara dengan orang lain

    Dan tips saat  menghadapi ujian agar tidak stress adalah minta bantuan, jangan pernah menghindar. Dalam kasus terburuk, ini bisa menyelamatkan Anda. Saat berjuang, bicarakan dengan teman, keluarga, atau guru Anda tentang perasaan Anda. Atau, jangan takut mencari bantuan dan dukungan profesional.

    Jika stres mencapai titik, nyaman, dan menikmati hidup setiap hari, dan mencoba untuk berbicara dengan orang lain. Universitas atau sekolah Anda harus memiliki layanan di mana Anda dapat berbicara dengan orang lain tentang keprihatinan, dan dapat memberikan saran lebih lanjut tentang mengelola. Jika ini sepertinya langkah besar, bicarakan dengan keluarga atau teman Anda tentang tekanan tersebut. Anda akan terkejut mengetahui bahwa Anda tidak akan pernah merasa seperti itu.

    6. Jangan (mendengarkan) mendengarkan orang lain - percaya mereka sendiri

    Ketika kita terus menghadapi tantangan baru, kita sering melupakan kenyataan tentang apa yang telah datang dan bagaimana kita telah mencapainya. Jika Anda sudah siap, maka tidak ada alasan untuk khawatir. Jadi, ketika Anda memiliki pikiran negatif, cobalah mengubahnya secara positif. Sebagai contoh, alih-alih berpikir 'Jika saya tidak mendapatkan setidaknya 2: 1, saya benar-benar gagal, berpikir' Apa pun yang saya lakukan, saya akan bangga pada diri saya sendiri dan menghargai betapa banyak yang saya dapatkan '. Kamu bisa melakukan ini!

    Seperti pepatah lama: "perbandingan adalah pencuri sukacita". Meskipun bermanfaat dalam mendiskusikan topik dengan siswa lain dan sering mengulanginya, cobalah untuk tidak membandingkan revisi orang lain. Kemungkinan Anda melakukan apa-apa, dan mendengarkan orang lain berbicara tentang apa yang berlaku hanya akan Anda stres dan mungkin merasa Anda tidak berkembang dengan baik. Selain itu, ia menekankan, Anda dapat mengingatkan Anda stres dan orang lain tidak yang Anda inginkan.


    7. Jika Anda merasa Anda harus berjuang, berbicara dengan orang lain

    Minta bantuan jangan pernah menghindar. Dalam kasus terburuk, ini bisa menyelamatkan Anda. Saat berjuang, bicarakan dengan teman, keluarga, atau guru Anda tentang perasaan Anda. Atau, jangan takut mencari bantuan dan dukungan profesional.
    Jika stres mencapai titik, nyaman, dan menikmati hidup setiap hari, dan mencoba untuk berbicara dengan orang lain. Universitas atau sekolah Anda harus memiliki layanan di mana Anda dapat berbicara dengan orang lain tentang keprihatinan, dan dapat memberikan saran lebih lanjut tentang mengelola. Jika ini sepertinya langkah besar, bicarakan dengan keluarga atau teman Anda tentang tekanan tersebut. Anda akan terkejut mengetahui bahwa Anda tidak akan pernah merasa seperti itu.

    10 cara cepat untuk membantu mengurangi stres Anda


    • Menonton film, acara TV, atau mendengarkan podcast atau komedi yang membuat Anda tertawa.
    • Minumlah teh herbal atau cokelat panas. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa minuman panas diketahui dapat membunuh jiwa (sehingga kafein rendah!).
    • Mandi atau berendam dapat menghilangkan stres.
    • Masak atau panggang. Hanya dengan berpikir bahwa makan yang enak bisa membuat Anda bahagia. Sebagai tambahan bonus, coba dan masak sesuatu yang sehat juga. Anda tidak bisa memberi mereka makan dengan baik, kecuali jika Anda memberi mereka makan dengan baik.
    • Jeda beberapa. Kebiasaan tidur yang baik selama musim ujian harus dihindari.
    • Pertimbangkan perspektif. Ya, ujian itu penting. Tetapi Anda lebih dari sekadar hasil tes.
    • Jangan menunggu sampai seseorang stres lain. Anda tahu apa artinya itu. Mereka yang memiliki kartu isyarat di luar ruang ujian, dengan frasa yang mencoba mengingat tanggal dan formula utama. Dia tidak akan pernah melakukan apa pun untuk tingkat stres.
    • Hindari ujian "post-mortem". Anda tidak perlu tahu bagaimana orang lain memberi saran pada tes. Anda melakukan yang terbaik, Anda tidak bisa kembali dan mengubah jawaban Anda sehingga kedua kalinya Anda meninggalkan papan ujian, Anda fokus pada ujian berikutnya.
    • Bersikap fleksibel. Walaupun jadwal yang direvisi adalah salah satu alat terbaik di gudang senjata Anda untuk keberhasilan ujian, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Jika Anda tidak sengaja tertidur, jangan lewatkan sore hari.
    • Tuliskan semua yang Anda rasakan sesuai kebutuhan dan cobalah bergerak. Hanya bertindak dalam kendali Anda atas revisi Anda yang dapat membantu.


    Nah,jadi itulah tips-tips mengatasi stress saat ujian. Semoga yang mau ujian semester ini lancer yah. Hehe.
    Jika artiel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda semua memalui social media dibawah ini. ðŸ˜Š
    Terima kasih, semuanya !

    0 Response to "Simak 7 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Stres Menghadapi Ujian"

    Post a Comment

    Slahkan berkomentar dikolom komentar ya, dengan bijak tentunya ;)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel