Pengertian, Penjelasan, Ulangan Harian dan Beserta Contohnya - Ruangan Guru

Recent Posts

    Pengertian, Penjelasan, Ulangan Harian dan Beserta Contohnya


    Pengertian, Penjelasan, Ulangan Harian dan Beserta Contohnya


    Pengertian, Penjelasan, Ulangan Harian dan Beserta Contohnya


    Ulangan harian adalah salah satu jenis evaluasi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dalam periode tertentu guna mengukur ketercapaian suatu Kompetensi Dasar (KD). Ulangan harian dapat berupa tes maupun non tes. Berikut ini contoh ulangan harian dalam bentuk tes.

    Ulangan harian adalah bagian dari evaluasi yang merupakan  suatu proses yang mencakup pengukuran dan mungkin juga testing, yang juga berisi pengambilan keputusan tentang nilai.
    Khusus terkait dengan pembelajaran, evaluasi dilaksanakan dengan tujuan:
    1.       Mendeskripsikan kemampuan belajar siswa.
    2.       Mengetahui tingkat keberhasilan PBM
    3.       Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
    4.      Memberikan pertanggung jawaban (accountability)


    Fungsi Evaluasi
    Sejalan dengan tujuan evaluasi di atas, evaluasi yang dilakukan juga memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah fungsi:
    a )      Selektif
    b)     Diagnostik
    c)      Penempatan
    d)     Pengukur keberhasilan

    Selain keempat fungsi di atas Asmawi Zainul dan Noehi Nasution menyatakan masih ada fungsi-fungsi lain dari evaluasi pembelajaran, yaitu fungsi:
    a)      Remedial
    b)     Umpan balik
    c)      Memotivasi dan membimbing anak
    d)     Perbaikan kurikulum dan program pendidikan
    e)      Pengembangan ilmu

    Manfaat Evaluasi
    Secara umum manfaat yang dapat diambil dari kegiatan evaluasi dalam pembelajaran, yaitu :
    a)  Memahami sesuatu : siswa (entry behavior, motivasi, dll), sarana dan prasarana, dan kondisi
    b)  Membuat keputusan : kelanjutan program, penanganan “masalah”, dll
    c)  Meningkatkan kualitas PBM : komponen-komponen PBM

    Sementara secara lebih khusus evaluasi akan memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran, seperti siswa, guru, dan kepala sekolah.
    Bagi  Siswa
    Mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran : Memuaskan atau tidak memuaskan
    Bagi Guru
    a)      Mendeteksi siswa yang telah dan belum menguasai tujuan : melanjutkan, remedial atau pengayaan
    b)     Ketepatan materi yang diberikan : jenis, lingkup, tingkat kesulitan, dll.
    c)      Ketepatan metode yang digunakan
    Bagi Sekolah
    a)      Hasil belajar cermin kualitas sekolah
    b)     Membuat program sekolah
    c)      Pemenuhan standar
    Macam-macam Evaluasi
    Formatif (UHB)
    Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan / topik, dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh manakah suatu proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana yang direncanakan. Winkel menyatakan bahwa yang dimaksud dengan evaluasi formatif adalah penggunaan tes-tes selama proses pembelajaran yang masih berlangsung, agar siswa dan guru memperoleh informasi (feedback) mengenai kemajuan yang telah dicapai. Sementara Tesmer menyatakan formative evaluation is a judgement of the strengths and weakness of instruction in its developing stages, for purpose of revising the instruction to improve its effectiveness and appeal.
    Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengontrol sampai seberapa jauh siswa telah menguasai materi yang diajarkan pada pokok bahasan tersebut. Wiersma menyatakan formative testing is done to monitor student progress over period of time. Ukuran keberhasilan atau kemajuan siswa dalam evaluasi ini adalah penguasaan kemampuan yang telah dirumuskan dalam rumusan standar kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya. SK yang akan dicapai pada setiap pembahasan suatu pokok bahasan, dirumuskan dengan mengacu pada tingkat kematangan siswa. Artinya SK dirumuskan dengan memperhatikan kemampuan awal anak dan tingkat kesulitan yang wajar yang diperkiran masih sangat mungkin dijangkau/ dikuasai dengan kemampuan yang dimiliki siswa.
    Dengan kata lain evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui seberapa jauh tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai. Dari hasil evaluasi ini akan diperoleh gambaran siapa saja yang telah berhasil dan siapa yang dianggap belum berhasil untuk selanjutnya diambil tindakan-tindakan yang tepat. Tindak lanjut dari evaluasi ini adalah bagi para siswa yang belum berhasil maka akan diberikan remedial, yaitu bantuan khusus yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan memahami suatu pokok bahasan tertentu. Sementara bagi siswa yang telah berhasil akan melanjutkan pada topik berikutnya, bahkan bagi mereka yang memiliki kemampuan yang lebih akan diberikan pengayaan, yaitu materi tambahan yang sifatnya perluasan dan pendalaman dari topik yang telah dibahas.
    Dra. Mindri Setianingsih

    Baca juga:

    0 Response to "Pengertian, Penjelasan, Ulangan Harian dan Beserta Contohnya"

    Post a Comment

    Slahkan berkomentar dikolom komentar ya, dengan bijak tentunya ;)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel