PENDIDIKAN SEJARAH PERJUANGAN DAN JATI DIRI PGRI - Ruangan Guru

Recent Posts

    PENDIDIKAN SEJARAH PERJUANGAN DAN JATI DIRI PGRI

    PGRI SEBAGAIOGANISASI PERJUANGAN, PROFESI, DAN KETENAGAKERJAAN
    PENDIDIKAN SEJARAH PERJUANGAN DAN JATI DIRI PGRI
      

    PGRI SEBAGAI ORGANISASI PERJUANGAN, PROFESI, DAN KETENAGAKERJAAN




    Pendidikan sejarah perjuangan dan jati diri pgri. Apa itu PGRI? Kita semua mungkin sudah tahu, PGRI merupakan singkatan dari Persatuan Guru Republik Indonesia. PGRI adalah Organisasi Perjuangan, Organisasi Profesi dan Organisasi Ketenagakerjaan, sedangkan sifat PGRI adalah unitaristik yaitu ; tidak memandang perbedaan ijazah, tempat kerja, kedudukan, agama, suku, golongan, gender, dan asal-usul,Independen; kemandirian dan kemitrasejajaran dengan pihak lain, Non-partai politik; bukan bagian atau berafiliasi dengan partai politik.Semangat PGRI yang dibawa ialah: Demokrasi, Kekeluargaan, Keterbukaan, Tanggung jawab etika, moral, serta hukum. Jatidiri pada hakekatnya adalah karakteristik yang bersumber dari aspek landasan filosofis mendasar menjadi Norma dalam pola pikir, sikap perbuatan dan tindakan yang bersifat mengikat dan ditaati oleh para anggotanya.Jatidiri PGRI adalah perwujudan Dari semua sifat-sifat yang merupakan khas PGRI yang terkandung dalam nilai-nilai, pola pikir, sikap perbuatan, tindakan, perjuangan juga profesionalisasi principle di dasarkan pada falsafah negara Pancasiladan UUD 1945, jiwa, Semangat serta Nilai-nilai 1945

    Logo dan lambang PGRI persatuan guru republik Indonesia
    Logo PGRI

    DASAR, CIRI, TUJUAN, FUNGSI, MISI JATI DIRI PGRI

    1.    Dasar Jatidiri PGRI

          -  Dasar Historis
    PGRI berdasarkan sejarah kelahirannya merupakan bagian dari perjuangan semesta rakyat Indonesia, melalui profesi keguruan menyebarkan semangat perjuangan dalam merebut, menegakkan, menyelamatkan dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
    -  Dasar Ideologis, Politis
    Secara ideologis-politis, PGRI berkewajiban untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan melalui pembangunan nasional di bidang pendidikan serta terikat dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuen dalam praktek berbangsa dan bernegara melalui kegiatan pendidikan
    -  Dasar Sosiologis dan IPTEK
    Dalam pengabdiannya, PGRI selalu bersifat responsif, adaptif, inovatif dan responsive/antisipatif terhadap keadaan masyarakat serta perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

    2.    Ciri Jatidiri PGRI

          Jatidiri PGRI memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    a). Nasionalisme
    b). Demokrasi
    c). Kemitraan
    d). Unitarisme
    e). Profesionalisme
    f). Kekeluargaan
    g).  Kemandirian
    h). Non Partai politik
    i).   Jiwa, semangat dan Nilai-nilai ’45

    -     Ciri Nasionalisme, artinya PGRI mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang merupakan modal dasar untuk mencapai cita-cita Proklamasi 1945, PGRI terikat untuk memperjuangkan, mempertahankan dan melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sifat patriotisme dan kepeloporan adalah jiwa dan semangat PGRI dalam melaksanakan misinya.
    -     Ciri Demokrasi artinya PGRI adalah organisasi yang demokratis. Kedaulatan tertinggi organisasi, berada di tangan anggota yang dilaksanakan dengan sistem perwakilan, melalui kongres.
    -     Ciri Kemitraan, artinya PGRI sebagai organisasi pejuang pendidik dan pendidik pejuang membela hak dan nasib pekerja pada umunmya dan guru pada khususnya. Untuk itu diperlukan pemantapan jiwa karsa dan kebersamaan yang kuat demi peningkatan kesejahteraan bersama.
    -     Ciri Unitarisme artinya PGRI adalah satu-satunya wadah, bagi guru Indonesia tanpa membedakan latar belakang, tingkat dan jenis pendidikan, tempat dan lingkungan kerja, golongan, agama, jenis kelamin, status, asal-usul, serta adat-istiadat.
    -     Ciri Profesionalisme, artinya PGRI mengutamakan karya dan kekaryaan dalam usaha mempertinggi kesadaran, sikap, mutu, dan kemampuan profesionalnya.
    -     Ciri Kekeluargaan, artinya PGRI menumbuhkan, mengembangkan rasa senasib dan sepenanggungan, memiliki jiwa gotong royong, saling asah, asih serta asuh antara sesama anggota.
    -     Ciri Kemandirian artinya bahwa dalam melaksanakan misinya PGRI bertumpu pada kepercayaan, dan kemampuan diri sendiri, tanpa keterikatan dan ketergantungan  pihak lain. Namun demikian PGRI selalu membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan pihak lain.
    -     Ciri Non Partai Politik artinya bahwa PGRI tidak mempunyai hubungan organisasi dengan kekuatan sosial politik manapun.
    -     Ciri jiwa, Semangat dan Nilai-nilai ’45 artinya bahwa PGRI konsekuen berusaha menegakkan dan melestarikan Jiwa Semangat Nasional ’45 sebagai jiwa kejuangan bangsa kepada generasi penerus. .
                   Selain ciri jatidiri PGRI tersebut di atas ada ciri lain yang menjadi cirri khas PGRI yaitu:
                PGRI sebagai Organisasi Kemasyarakatan memiliki ciri sebagai berikut :
    1).  PGRI merupakan wadah organisasi guru Indonesia yang mengemban tugas pendidikan dan pengajaran dalam mengabdi kepada masyarakat, yang berasaskan perwujudan jatidirinya.
    2).  PGRI sebagai organisasi yang mandiri berupaya untuk berperan secara berdaya guna, meningkatkan kesejahteraan anggota, serta sebagai sarana berserikat atau berorganisasi yang menyalurkan aspirasinya dalam Pembangunan Nasional melalui misi pendidikan dan pengajaran.
    3).  PGRI sebagai organisasi masyarakat merupakan sarana komunikasi sosial secara timbal balik antar anggota, serta anggota dengan organisasi lain baik bersifat lokal, nasional, regional ataupun global, antar organisasi dengan pemerintah, antar organisasi kemasyarakatan dan organisasi lain baik eksekutif maupun legislatif yang relevan.

    PGRI sebagai organisasi profesi guru dipandang dari segi profesi mempunyai jatidiri yang terpancar pada empat ranah profesi, yaitu :
    1).  Keahlian, melalui ranah ini PGRI dituntut untuk meningkatkan kualitas anggotanya, mempertajam visi anggota terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Memperluas wawasan keguruan anggotanya, melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pengajaran, pendidikan dan kebudayaan.
    2).  Tanggung jawab, suatu ranah profesi yang berorientasi pada penanaman dan peningkatan tanggung jawab keahlian. Untuk itu maka perlu diciptakan perangkat lunak dalam wujud aturan, ketentuan, tata tertib dan kode etik.
    3).  Kesejawatan (Jiwa Korsa), Ranah ini merupakan wujud dan rasa kebersamaan (togetherness) antar sesama anggota terhadap misi keguruan yang diemban. Dengan rasa kebersamaan itu akan tercipta suatu wahana dan dinamika organisasi yang mampu mengantisipasi kemungkinan arah perkembangan selanjutnya.
    4).  Pembaruan (inovasi), merupakan sikap organisasi yang dinamis, kreatif, responsif, adaptif inovatif, permisif selektif, memiliki keterbukaan terhadap pandangan dan penemuan baru serta keinginan untuk meningkatkan profesi.

       Jatidiri PGRI dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.
    1). Lingkup Sistem Pendidikan Nasional, dalam mengemban misinya, PGRI menjaga agar tetap menjadi organisasi yang besar, kuat dan merupakan satu-satunya organisasi guru di Indonesia. Mengusahakan terselenggaranya Sistem Pendidikan Nasional bagi seluruh rakyat dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya dan seluruh masyarakat Indonesia.
    2).  Menyelenggarakan lembaga pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan.
    3).  Kebudayaan Nasional, dalam melaksanakan misinya, PGRI mengaktualisasikan dirinya untuk menyelamatkan, memelihara dan mengembangkan kebudayaan nasional.

    3.    Tujuan Jatidiri PGRI
          Tujuan jatidiri PGRI adalah :
    a.    Tegaknya keberadaan PGRI, tumbuhnya rasa bangga, rasa ikut memiliki.
    b.    Percapainya Loyalitas, Dedikasi, Disiplin dan Kemampuan Profesional (LDDKP) yang tinggi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.
    c.    Memiliki kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahan akibat perkembangan masyarakat, ilmu dan teknologi.
    d.    Terwujudnya pengamanan, pengamalan dan pelestarian Pancasila dan UUD 1945, dan jiwa Semangat Nilai-Nilai “45 dalam tubuh PGRI baik oleh organisasi maupun anggota-anggotanya.

    4.    Fungsi Jatidiri PGRI

    Fungsi Jatidiri PGRI adalah :
    a.    Sebagai pedoman gerak perjuangan bagi anggota organisasi.
    b.    Sebagai sarana memasyarakatkan eksistensi dan misi organisasi.
    c.    Sebagai sarana perjuangan (kaderisasi) dalam rangka mempertahankan, meningkatkan dan mengembangkan organisasi (SBS).
    d.    Sebagai pembangkit motivasi perjuangan PGRI.
    e.    Sebagai wahana penerapan rasa kebanggaan pada anggota/warga PGRI.

    5.    Misi Jatidiri PGRI
    Visi adalah suatu kegiatan yang diemban oleh kelompok atau anggota yang tersusun sistematis, terarah, terencana dalam pencapaian suatu tujuan.
    Misi jatidiri adalah suatu wahana untuk menampilkan citra, sikap, semangat, dan karakter organisasi keguruan, yang mampu melestarikan nilai-nilai perjuangan dan profesi keguruan.
    Misi jatidiri PGRI yang sekaligus merupakan upaya PGRI dalam :
    -          Tujuan Nasional, yakni mempertahankan, mengamankan dan mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
    -          Pembangunan Nasional, yakni mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana terkandung dalam Pembukaan UUD 1945.
    -          Melestarikan jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai ’45.
    -          Mengisi, menyukseskan Pembangunan Nasional khususnya bidang Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan jalan memberikan pemikiran, konsep-konsep dan menunjang pelaksanaan program yang menjadi garis kebijakan Pemerintah.
    -          Mempertinggi kesadaran, sikap, kemampuan dan mutu profesi guru serta meningkatkan kesejahteraan guru/anggota PGRI.

    Sebagai proses perjuangan jatidiri PGRI maka PGRI di bagi menjadi tiga yaitu PGRI sebagai organisasi Perjuangan, PGRI sebagai Organisasi Profesi dan PGRI sebagai Organisasi Ketenaga Kerjaan..

    0 Response to "PENDIDIKAN SEJARAH PERJUANGAN DAN JATI DIRI PGRI"

    Post a Comment

    Slahkan berkomentar dikolom komentar ya, dengan bijak tentunya ;)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel